Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Belajar Kisah Sukses Susi Pengepul Ikan "The Inspiring Woman"

Susi Pengepul Ikan Itu Sudah Menjadi Juragan Pesawat!!


Berawal dari keikutsertaan kantorku sebagai peserta dalam Pameran Produk Ekspor (PPE) Tahun 2005 yang diadakan di Jakarta International Expo (JIE) aku memperoleh kesempatan untuk hadir dalam Business Meeting dimana pembicara dalam pertemuan itu adalah Mari Elka Pangestu sebagai Menteri Perdagangan dan Susi Pudjiastuti (SP) sebagai penerima penghargaan Primaniarta yaitu penghargaan sebagai UKM Ekspor terbaik tahun 2005. Saat itulah aku, untuk pertama kalinya mengenal sosok wanita yang bernama 'Susi Pudjiastuti' .

Kehadirannya pada pertemuan itu adalah sebagai success story untuk memotivasi pengusaha-pengusaha khususnya pengusaha UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang berorientasi ekspor. Penghargaan Primaniarta yang diperoleh SP sebagai pemilik PT. ASI Pudjiastuti Marine Product, perusahaan yang bergerak di bidang hasil laut. Konsep usahanya, SP menampung langsung hasil laut yang diperoleh para nelayan di sekitar pesisir laut Pangandaran Ciamis Jawa Barat dan langsung mengirimkan produk laut tersebut ke tangan konsumen setelah melalui proses dengan teknologi termodern di Indonesia dengan menggunakan pesawat terbang miliknya.Sungguh sesuatu yang menakjubkan buatku mendengar kisah dan perjalanan panjang yang dilalui SP dalam membangun usahanya. SP bercerita tentang sekolahnya yang hanya sampai kelas 2 SMA, bukan masalah biaya yang menjadi alasan SP berhenti sekolah karena orang tuanya cukup kaya, tetapi hanya karena SP merasa tidak 'happy'. Hal inilah yang membuat hubungan dengan orang tuanya renggang sehingga SP memutuskan untuk bekerja. SP menjadi pengepul ikan, dan dia mencintai pekerjaannya itu. Roda berputar, naik turun menjadi siklus biasa untuk usahanya itu. Dari pesisir pantai Pangandaran sampai ke pesisir pantai di Sukabumi atau di sepanjang pesisir pantai utara Jawa, SP mendatangi suplier-suplier hasil laut dan mengangkutnya dengan truk ke Jakarta. Satu hal penting yang dilakukan SP adalah konsistensi dalam menjaga produknya pada kondisi terbaik sampai di tangan konsumen. Kegigihan dalam usahanya ini berbuah hasil dengan didirikannya perusahaan produk laut miliknya di bawah bendera PT. ASI PUDJIASTUTI MARINE PRODUCT.

Demi menjaga kualitas terbaik produk lautnya sampai ke tangan konsumen, SP nekat membeli pesawat untuk mengangkut hasil produknya. Tak disangka, tak dinyana, dari membeli pesawat untuk mengangkut hasil lautnya ternyata menginspirasi SP untuk mencari peluang di bidang pesawat carterar, usaha yang masih langka di Indonesia. Usaha pesawat carteran SP berada di bawah bendera PT. ASI PUDJIASTUTI AVIATION dengan brand Susi Air dan semakin berkembang dengan membuka jalur atau rute penerbangan ke daerah-daerah pedalaman, rute-rute yang tidak menjadi perhatian bagi perusahaan Airline besar.SP semakin membuatku kagum, tak hanya entrepreneurship- nya yang sangat luar biasa tetapi ditambah jiwa sosialnya yang tidak diragukan lagi. Hal ini bisa dilihat dari sepak terjangnya ketika bencana tsunami melanda Aceh, SP dengan pesawat miliknya selama beberapa minggu di daerah bencana, menjadi pesawat pertama yang membawa bantuan ke daerah-daerah yang tidak bisa dilalui dengan alat transportasi darat. Luar biasa….Tak salah, ketika blogdetik dalam rangka memperingati Hari Kartini (wanita yang menginspirasi seluruh wanita Indonesia) mengangkat tema "Inspiring Woman" dalam writing contest, aku memilih Susi Pudjiastuti sebagai "My Inspiring Woman" Dia menginspirasiku bahwa tak ada yang tak mungkin selama kita menjalaninya sepenuh hati. Aku yakin banyak pihak yang mengakuinya untuk hal ini, salah satunya adalah Metro TV memberikan penghargaan kepada SP sebagai "Inspiring Woman 2005″ dan tentu saja penghargaan PRIMANIARTA dari Presiden SBY sebagai "UKM Ekspor Terbaik 2005″ inilah yang membuatku bisa mengenal langsung seorang sosok wanita super… seorang "SUSI PUDJIASTUTI" si "Pengepul ikan yang kini jadi juragan pesawat"Kebanggaanku yang lain terhadap Susi Pudjiastuti adalah….. kami berasal dari kabupaten yang sama, Kabupaten Ciamis. Hehehehe……..Sayang, sesaat sebelum Business Meeting tersebut berakhir SP harus segera meninggalkan pertemuan karena jadwalnya yang cukup padat, padahal aku ingin sekali mengabadikannya dalam satu frame denganku. Mungkin nanti, kalau ada kesempatanku pulang kampung dan berwisata ke Pantai Pangandaran ingin kusempatkan mengunjungi pabrik hasil lautnya yang lokasinya tak terlalu jauh dari pantai. Inilah hasil 'googling' sosok " My Inspiring Woman" …..SUSI PUDJIASTUTI…. (sumber:Susi Pengepul Ikan Itu Sudah Menjadi Juragan Pesawat)
 http://jejaklangkah.blogdetik.com/2010/04/29/susi-pengepul-ikan-itu-sudah-menjadi-juragan-pesawat/?991102866
 http://jejakpetualangsungai.blogspot.com/2010/10/mancing-di-pantai-alam-indah-jongor.html

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates