Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Mengenal Ikan Tawes Jenis Brek (Puntous Javanicus)

TAWES BREK ( Puntius Javanicus )

Status Konservasi : Ikan Sungai Liar.

Klasifikasi Ilmiah :

- Kerajaan : Animalia
- Filum : Chordata
- Kelas : Actinopterygii
- Ordo : Cypriniformes
- Famili : Cyprinidae
- Genus : Puntius
- Spesies : Puntius Javanicus




Tawes Brek dari sungai Serayu Banjarnegara


Bagi para mancing mania freshwater, khususnya yang bermukim di sekitar sungai besar pedalaman tentu tidak asing dengan ikan yang satu ini. Ikan ini hanya terdapat di sungai-sungai besar pedalaman yang berarus deras, berjeram dan berbatu-batu. Tawes Brek menyukai perairan sungai besar yang bersih alami sebagai habitat utamanya. Jarang memasuki sungai-sungai kecil yang berdebit air minim. Hidup bergerombol dan tergolong ikan herbivora, karena makanan utamanya berupa lumut batu dan tanaman air lain.

Ikan Tawes Brek mudah dikenali dengan ciri-ciri fisik warna biru pada punggung dan sisik perak, serta sirip anal dengan warna merah menyala. Ikan ini diketahui bisa mencapai bobot maksimal 4 ons atau kira-kira sebesar telapak tangan orang dewasa. Tapi sangat jarang ditemui dengan bobot 4 ons, rata-rata ikan yang tertangkap pemancing dan penjala hanya seberat 1 ons hingga 2 ons.
Tawes Brek memijah (musim kawin) pada musim kemarau dengan cuaca dingin. Dengan sekali memijah bisa menghasilkan antara 50 ribu hingga 100 ribu telur yang siap menetas. Dengan rentang satu tahun dari penetasan, larva ikan sudah menjadi ikan dewasa yang siap kawin. Pengamatan yang saya lakukan ketika memancing di sungai-sungai pedalaman Jawa, ikan ini menyebar luas di hulu sungai Serayu, sungai Klawing, sungai Progo, sungai Brantas hingga sungai Ciliwung dan sungai-sungai besar lainnya.

Sayang sekali habitat ikan ini semakin terdesak oleh pencemaran sungai. Tawes Brek tidak menyukai perairan yang kotor karena ikan ini banyak membutuhkan kadar oksigen tinggi dalam air. Sehingga ikan ini sangat rentan mati bila kekurangan oksigen.
Dewasa ini, ikan Tawes Brek mulai diminati sebagai ikan hias, karena ikan ini tergolong lincah bergerak. Bila dalam aquarium sisik-sisiknya terlihat warna perak yang mengkilap. 


 http://jejakpetualangsungai.blogspot.com/2011/07/fishclopedia-tawes-brek-puntius.html

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates