Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Mengenal Jeis Tawes Kepek (Puntius Marginatus)

TAWES KEPEK ( Puntius Marginatus )

Status Konservasi : Ikan Sungai Liar

Klasifikasi Ilmiah :

- Kerajaan : Animalia
- Filum : Chordata
- Kelas : Actinopterygii
- Ordo : Cypriniformes
- Famili : Cyprinidae
- Genus : Puntius
- Spesies : Puntius Marginatus


Tawes Kepek penghuni sungai Bedok, Gamping - Jogjakarta


Bagi sebagian pemancing, ikan yang satu ini memang sangat menyebalkan. Disaat sedang asyik menunggu strike ikan besar nan gurih, tiba-tiba kail melengkung dengan kuat. Setelah diangkat, ternyata ikan kecil berbuntut kuning... Seringkali pemancing menggerutu kesal.
Yaa, memang ikan yang satu ini bukan sasaran utama bagi pemancing. Karena ikan ini sangat mengganggu umpan yang dipasang pemancing. Disamping itu daging ikan kecil ini sangat tipis dan banyak duri selap. Wajar bila pemancing tidak suka dengan Tawes Kepek.
Ikan Tawes Kepek banyak berhabitat pada sungai-sungai di sekitar Jawa bagian selatan. Ikan ini berbadan tipis, kecil dan tidak bisa tumbuh besar layaknya kerabatnya dari genus Puntius. Paling besar Tawes Kepek hanya bisa mencapai berat 1 ons dengan panjang 12 cm. Tawes Kepek sangat mudah berkembang biak pada musim apapun. Maka tidak heran ikan ini berkembang biak dengan cepatnya. Selain itu Tawes Kepek amat jarang diburu pemancing, sehingga menjadi salah satu faktor mengapa ikan ini berkembang biak dengan cepatnya. Hanya anak-anak kecil yang baru belajar mancing, yang sering menjadikan tawes kepek sebagai sasarannya.
Keunikan ikan ini sehingga mudah dikenali adalah terdapatnya warna kuning pada ekor, sirip dorsal, sirip anal dan sirip depannya. Warna kuning tersebut akan semakin terlihat dengan jelasnya bila pada siang hari saat matahari terik.
Musuh alami Tawes Kepek adalah ikan predator semacam Palung ( Hampala Macrolepidota ) dan pencemaran lingkungan sungai. Sebagaimana ikan dalam kerabat Puntius, Tawes Kepek juga membutuhkan banyak oksigen untuk memenuhi kebutuhan oksigennya.


Nama lain Tawes Kepek sangat beragam, kebanyakan penduduk Jogjakarta menamakan dengan Wader Kepek. Sedangkan di Kebumen penduduknya menamakan ikan Kapasan Kuning. Tawes Kepek memiliki rasa yang gurih bila di goreng garing, rasanya tidak berbeda jauh dengan rasa ikan wader sawah, mendong maupun uceng. Untuk memancing ikan ini, bisa menggunakan umpan apa saja. Tapi bila di air yang jernih, ikan ini sangat mudah dipancing dengan umpan lumut. 
 http://jejakpetualangsungai.blogspot.com/2011/07/fishclopedia-ikan-endemik-sungai_18.html

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates